PEMERINTAH KORSEL BANGUN PUSAT TES BAHASA KOREA UNTUK TKI


Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) terlihat semakin serius menangani tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea Selatan. Selain bekerjasama dengan pemerintah Korea Selatan untuk melaksanakan crash programme, BNP2TKI juga telah meneken kesepakatan bersama berupa Arrangement EPS-KLT (Employment Permit System-Korean Language Test) dengan Human Resource Development Service of Korea (HRD-Korea), Senin (8/12) di Seoul. Kesepakatan baru ini untuk memudahkan pelaksanaan tes bahasa Korea bagi Tenaga Kerja Indonesia sebelum ditempatkan di Korea.

HRD Korea juga akan membangun pusat tes bahasa Korea bagi calon TKI di Jakarta, Makassar, Medan, Surabaya, dan Semarang. “BNP2TKI menginginkan pelaksanaan tes bahasa Korea dapat ditambah lagi di Bandung, Mataram, serta Manado,” kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidaya, Selasa (16/12).

Selain soal tes, BNP2TKI dan HRD Korea juga sepakat melakukan pengurangan biaya tes bahasa Korea, dari US$ 30 menjadi US$ 17 yang merupakan beban setiap peserta tes atau calon TKI Korea, dan dipungut oleh HRD Korea secara langsung.

2 Responses to “PEMERINTAH KORSEL BANGUN PUSAT TES BAHASA KOREA UNTUK TKI”

  1. Anonymous Says:

    berarti biaya tes besok kira-kira kurang dari 200 ribuan dong. Mogha aja memang benar.

  2. kim Says:

    hahaha… kalian terkecoh juga rupanya dengan pengumuman test dari BNP2TKI….test bahasa korea itu belum bisa diadakan sebab di koreanya belum disetujui dan juga pemerintah korea ini sedang menghentikan dulu penerimaan tenaga kerja asing sampai akhir februari 2009. juga korea baru merencanakan untuk persetujuan test itu di pertengahan tahun 2009 jadi bisa saja test nya dilakasanakan akhir 2009… begitu… wah kacian juga nih yg pada nunggu… banyak yg sudah tertipu sama pengumuman dari BNP2TKI …..
    dan selidik punya selidik ternyata ini semua adalah politik bersama antara BNP2TKI dgn beberapa lembaga bahasa korea asuhannya, karena kalau tidak dilakukan pengumuman seperti ini maka TKI tidk minat lagi untuk mendaftar ke lembaga untuk balajar bahasa korea jadi lembaga2 itu bisa bangkrut dan itu telah di rencakan oleh BNP2TKI bersama lembaga bahasa pada rapat pertemuan antara direktur binapenta BNP2TKI dgn lebaga bahasa korea di jakarta pada awal november lalu di hottel grand hyyat jkt. hasilnya mereka merencanakan untuk mengeluarkan pengumuman seperti pada pertengahan november lalu dan sama juga dgn pengumuman yang sekarang ……… jadi jangan terkecoh lagi deh… ini cuma tipuan belaka…….. kepala BNP2TKI aja ngak tahu soal ada nya penguman ini……. hehehe…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: