Jumhur: Swasta Bisa Tempatkan TKI Khusus ke Korea

 

koreaJakarta, BNP2TKI (Selasa, 13/1) Tingginya tingkat gaji Tenaga Kerja Indonesia di Korea Selatan telah membuat animo yang besar masyarakat untuk bekerja ke negeri gingseng ini. Korea memang merupakan negara pilihan favorit karena selain faktor gaji yang tinggi, kontrak kerja TKI juga telah diperpanjang dari 3 tahun menjadi 5 tahun.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat saat menerima Syarifuddin dan Iwan Setiawan dari Anteve, Selasa (13/1), bahkan mengungkapkan rata-rata pekerja kita dibayar Rp 9 juta dan bila lembur mereka bisa mencapai Rp. 12 juta.

“Namun sayang Calon TKI terlanjur percaya dengan calo. Mereka sangat meyakini kalau kerja mau ke Korea itu proses pengurusan dari mulai dokumen sampai tiket harus membayar Rp. 30-40 juta juta,” ujar Jumhur sembari menjelaskan, sebelumnya biaya pengurusan itu bahkan bisa mencapai Rp 60 juta.

Dijelaskan Jumhur, pembiayaan CTKI ke Korea sebenarnya hanya Rp. 5.8 juta. Biaya ini dipergunakan untuk membuat paspor, mengurus kesehatan, dan biaya pembelian tiket pesawat.

Ketidah tahuan dan keengganan menggunakan prosedur resmi itulah, menurut Kepala BNP2TKI, membuat TKI banyak dimanfaatkan oleh para calo atau sponsor dengan tipu daya dan janji-janji yang menggiurkan.

“Bahkan nama saya dan beberapa nama pejabat banyak yang di “jual” untuk menipu Calon TKI di desa-desa. Nama saya bisa laku sampai Rp. 60 juta,” tutur Jumhur seraya mengatkaan modus penipuan ini dilakukan dengan membawa foto Kepala BNP2TKI dan para calo itu mengaku kenal dengan dirinya.

Kepala BNP2TKI mengimbau kepada para Calon TKI yang akan berangkat kerja ke Korea agar mereka mendatangi kantor pemerintah seperti Dinas Tenaga Kerja di Kabupaten/ Kota atau Balai Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI).

Khusus penempatan TKI ke Korea dan Jepang, menurut Jumhur, hanya bisa dilakukan melalui BNP2TKI. Penempatan TKI itu diatur dengan skema government to government (G to G), yang intinya hanya pemerintah yang berhak menempatkan TKI. Penempatan TKI oleh pemerintah itupun hanya TKI yang masuk kriteria general worker, seperti pekerja pabrik, perkapalan, dan lain-lainnya.

Ditambahkan Jumhur, pihak Perusahaan Pelaksana Tenaga Kerja Swasta (PPTIKIS) dalam skema G to G ini masih bisa mengirimkan TKI ke Korea melalui program Private to Private (P to P). Namun, TKI yang dikirim harus memiliki kecakapan khusus sesuai rekomendasi oleh instansi terkait di Korea.

“Namun sepengetahuan saya sampai saat ini belum ada PPTKIS yang mengirimkan TKI berkeahlian khusus ke Korea,” papar Jumhur.

Laporkan Polisi

Menjawab pertanyaan wartawan Anteve tentang dampak penggrebekan TKI ilegal, Jumhur mengakui pihaknya memang terus memantau perusahaan-perusahaan yang nakal dan memberangkatkan TKI ilegal seperti di bawah umur, tidak memiliki keahlian yang memadai dan kurang sehat (un fit).

11 Responses to “Jumhur: Swasta Bisa Tempatkan TKI Khusus ke Korea”

  1. fredy Says:

    Jumhur bohong ….. buktinya dia sendiri yg menawarkan lansung, via kaki tangannya (adik dan teman2nya)…. pejabat kita paling pinter ngeles klu ditanya spt itu.

  2. Anonymous Says:

    iya tuch,,,dasar di indonesia emang gada yang bner,,

  3. yuliana Says:

    JUMHUR, WAYAN, ANDA CHEK ANAK BUAH TUH…. PEGAWAI BNP2TKI ITU PEMAIN JUGA , KALO KALIAN BAYAR SEKIAN JUTA SAYA BISA PERCEPAT ..MAU RUSAK LAGI SPT DEPNAKER ?

  4. yuliana Says:

    GLOBAL NARIK UANGNYA 24 JT AN TUH HATI2

  5. mbelux Says:

    BENER HATI2 KL SAMPE KETIPU BISA NAGIS DARAH ….WASPADALA…………WASPADALAH………

  6. patiahmad Says:

    ijin tanya bagaimana cara prossedur kerja di negara lain, saya berasal dari pati Jawa tengah. apa daftar di depnaker?

    jawab di email saya = id09ahmad@plasa.com

    terimakasih

  7. dhanang purbaya Says:

    Kepada Bpk. M.Jumhur Hidayat
    Klo gak ada kerjasama dengan oknum bnp2 tki, masak mereka bisa tahu alamat calon korban, padahal yang tahu alamat calon korban hnya bnp2tki, kan di website bnp2tki tdk dicantum alamat. Tolong amankan dulu oknum2 yang disekitar anda, klo gak ingin nama anda merasa dicatut
    jawab di email saya = mustfree_ae@yahoo.co.id
    Jawaban anda sangat berguna dan akan saya jadikan motivasi / jawaban bagi CTKI Korea, karena banyak yang komplain seperti itu, terima kasih

  8. ratih pujomukti Says:

    Pak Jumhur Yang Terhormat,….

    Saya yakin Bapak orangnya baik, akan tetapi orang orang dibawah bapak sangatlah Pemeras…..
    mereka janji janji mempercepat proses dengan minta imbalan tapi kenyataannya juga NOL.
    tolong sekali sekali bapak turun untuk menyaksikan sendiri “permainan” staff bapak
    Terimakasih atas perhatiannya

  9. ratih pujomukti Says:

    Pak Jumhur Yang terhormat,..

    Saya ingin mengeluhkan masalah TKI/ TKW akan tetapi tidak ada hubungannya dengan Proses Korea.

    Akhir akhir ini saya sangat prihatin dengan Naiknya Potongan Gaji TKW di HK,SIN,TWN akibat ulah permainan CALO TKW/SPONSOR yang meminta FEE pada PPTKIS yang sangat tinggi (Dg Tingginya FEE CALO
    /SPONSOR otomatis PPTKIS menaikkan Potongan TKW )

    SINGAPORE
    Potongan Gaji sudah mencapai 9 sd 10 Bulan dan dipotong penuh tanpa sisa (gaji TKW SIN antara $ SIN 320 sd 350 ) akibat pemberian FEE kepada CALO/ SPONSOR berfariasi antara 7 juta sampai 8 juta per TKW FIT MEDICAL bahkan ada PPTKIS yang berani 8,5 juta per TKW

    HONGKONG
    sudah ada PPTKIS yang menambah pot 1/2 bln sd 1 bulan dari costructure awal $HK 21.000 ( $HK 3000 x 7 bulan ) akibat pemberian FEE CALO/SPONSOR sudah mencapai antara 6,5 juta sd 7,5 Juta per TKW FIT MEDICAL

    TAIWAN
    Banyak penambahan Potongan tiap bulannya antara 1000 NT sd 2000 NT akibat pemberian FEE pada CALO/SPONSOR sudah mencapai 3,5 juta / TKW FIT MEDICAL

    Apakah ini justru tidak tambah memeras/menyengsarakan TKW di luar negeri ?
    Mengapa Pemerintah tidak mengatur dan mengendalikan Potongan TKW di luar negeri ?
    Kalau Potongan Yang tinggi hanya untuk membayar biaya CALO TKW, mengapa Potongan (costructure) tidak ” DITURUNKAN” supaya PPTKIS “TIDAK MAMPU LAGI MEMBAYAR CALO TKW ” dan TKW akan datang sendiri ke PPTKIS untuk mendaftar sendiri tanpa melalui CALO TKW sehingga Potongan gaji TKW diLuar Negeri bisa Rendah ?

    TKW adalah Pahlawan Devisa , Mengapa Justru jadi ajang Pemerasan dengan Memotong Gaji TKW diluar Negeri sangat besar ?

    Coba bapak renungkan apabila salah satu TKW tersebut anak Bapak,

    Terimakasih atas perhatian Bapak

    Ratih Peduli

  10. agus Says:

    buat pak jumhur yg terhormat bapak ini orangnya baik<>.tapi liat coro2elek bawahan bapak tuh. kami sedikit pun gak percaya kalo orang bnp nggak ada yg main belakang.itu dah pasti .nggak ada duit min 40jt udah dipastikan kagak bisa ke korea. itu dah harga mati.

  11. Anonymous Says:

    gak ono sek ngreken mas di sini percuma….!!!! GLOBAL sampai 24jt , ya itu kan yang di dalem antek anteknya jumhur………dari yang aku denger sih…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: